CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »
Daisypath Wedding tickers

Friday, December 6, 2013

Mango Cream Cheese Tart


Assallamualaikum...
Tunggu ya saya lapin dulu ini debu-debu di blog saya, hehe..lama ngga di tengoikin. Yaakk saya kembali tapi kali ini postingan nya bukan tentang wedding tapi mau sharing resep.. Tsaaahh.. gaya banget dah.. liat donk judul postingan nya.. Mango cream cheese tart yang saya adaptasi dari blognya mbak Diah Didi, makasih mbak diah ilmunya. Semenjak dateng ke indramayu pengen banget makan yang namanya cheesecake, terakhir makan cheesecake yang bener-bener endeeess itu setahun yang lalu di Cheesecake Factory (gilaaakk lama banget) bela-belain jauh-jauh dari kantor cuma buat makan cheesecake ini doank padahal bahkan di BreadT**k juga ada dan BreadT**k ini ada di Cirebon tapi menurut saya kurang enak, kenapa saya bela-belain jauh-jauh ke cheesecake factory karena disini tuh cheseecake nya klasik banget berasa banget kejunya hihihi, nahhh... karena cheseecake factory ngga ada di Indramayu mau ngga mau otak musti bekerja lebih kreatif. Hati bertekad tuk buat cheesecake sendiri dirumah tapi apa daya ngga berhasil nemu yang jual cream cheese disini,pas kemarin mudik ke jakarta niat banget pengen ke toko bahan kue di pasar deket rumah, tapi ditoko itu ngga ada cream cheese..hiks jadinya beli keperluan yang lain. Akhirnya nemu creame cheese di carefour yeaayy tanpa banyak basa basi langsung masuk itu cream cheese ke keranjang belanja. Ini dia yang selama ini saya cari-cari hehe..



Berhubung pohon mangga di sebelah rumah alhamdulillah lagi melimpah ruah buahnya, udah sampe bagi-bagi ke tetangga tapi tetep aja masih banyak sampe mabok mangga. Namanya juga Indramayu kota mangga kalo lagi musim mangga sepanjang jalan dan sepanjang mata memandang pohon-pohon mangganya lagi pada berbuah semua, jadi mangga yang disebelah rumah ini jenis mangga indramayu yang agak keras luarnya dan ada sedikit rasa asamnya, aromanya juga ngga sekuat mangga gincu atau harum manis,

Resep aslinya mbak diah pake selai blueberry, nah pas lagi ngupasin mangga buat dobreto kepikiran kenapa ngga pake mangga aja, toh ada rasa manis-manis asemnya juga, hihihihi.. sebenernya agak gambling juga karena ngga tau nanti hasilnya enak apa ngga. Alhamdulillah hasilnya tidak mengecewakan.

Bahan-bahan kulit tart:
170 gram margarine saya pakai (blueband cake&cookies di campur sama rombutter karena ternyata blueband nya abis hihihi)
50 gram gula halus
1 butir telur
290 gram tepung terigu (saya pakai segitiga biru, adanya itu soalnya di rumah)
1/2 sendok teh vanilla bubuk
cetakan pie yang kecil-kecil

Cara membuat:
campur margarine dengan gula halus aduk menggunakan sendok kayu atau spatula, aduk hingga gula dan margarine tercampur rata
masukan telur dan vanilla bubuk aduk secara merata 
masukan tepung terigu sedikit demi sedikit
uleni hingga tercampur rata dan adonan lembut, siapkan plastik cling wrap bungkus adonan dengan plastik lalu simpan dikulkas semalaman. (saya buat adonan sore dan di pakai siang keesokan harinya)
Keluarkan dari kulkas tunggu hingga adonan tidak keras lagi dan sudah bisa di pergunakan kembali.







Siapkan loyang pie yang sudah di olesi margarine, cetak adonan ke dalam cetakan pie, tusuk-tusuk dengan garpu.
Panggang di oven dengan suhu 170 C selama 20-25 menit


Bahan-bahan Mango Filling :
mangga yang sudah di potong kotak-kotak kecil
1 atau 2 sendok makan gula pasir (sesuai selera )
100ml air
1 sendok teh air jeruk nipis (optional)

Cara membuat :
campur semua bahan, masak dengan api kecil hingga semua bahan tercapur rata dan tekstur menyerupai selai.



Cream cheese Filling :
250 gram cream cheese
50 gram gula halus
1 butir telur
1/2 sendok teh vanilla esence / vanilla bubuk (saya tidak pakai, takut rasa kejunya berkurang, hihi maaf ya mbak diah)

Cara membuat :
keluarkan cream cheese dari kulkas 20-30 menit sebelum digunakan tapi jangan sampai mencapai suhu ruangan.
kocok cream cheese dengan menggunakan mixer hingga lembut, masukan telur dan gula halus kocok sebentar saja.
masukan mango filling ke dalam kulit tart yang sudah matang, kemudian di tutup dengan cream cheese filiing
Untuk hiasan ambil sedikit cream cheese filling beri sedikit pewarna makanan, gunakan tusuk gigi atau lidi untuk membuat hiasan.

Oven selama 5-10 menit dengan suhu 170 C atau hingga saat disentuh cream cheese sudah tidak menempel di ujung jari, angkat dan sajikan. :)





amdulillah walaupu bukan bikin cheesecake yang beneran tapi ini udah agak-agak mirip sama cheseecake dan alhamdulillah dobreto bilang enak jadi pede mau balikin piring tetangga, higer & fanny enjoy ya.. mudah-mudahan pada suka.



2 comments:

  1. Wah..kreatif Mba...lebih enak ya..di isi mangga segar daripada selai kayaknya..wis tak tiru2 kapan2..hihi..atau di isi apel ya..wah..bisa jadi kombinasi pie apel nanti ya..:)

    ReplyDelete
  2. Hihihi.. iya mbak aku manfaatin apa yang ada aja di rumah.. makasih ya mbak di resepnya ternyata bikinnya ngga rempong kok, cuma itu aku belum handal bikin hiasanya yang ada bukan bunga tangkai tapi itu lebih mirip kaya rumput ijo-ijo gitu..hihi.. tetap semangat saya akan coba buat lagi.. Next mau coba bikin klappertart mbak, aku udah dapet cup alumunium foilnya... horeee...

    ReplyDelete