CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »
Daisypath Wedding tickers

Thursday, December 12, 2013

Fried Chicken Steak With Mushroom Sauce





Assallamualaikum...
Eaaaaa... gaya banget ga sih judul masakanya hari ini, bahasa indramayu nya mah "ayam goreng bari saos jamur jeh" , hidup di kota berstatus kabupaten kaya gini sebenernya ada hikmahnya juga lhoo, saya jadi jarang jajan pemirsah hehehe, kenapa? karena pertama pilihan menu makanannya terbatas banget, kedua rasanya yang jauh banget dari selera saya secara lidah sudah terbiasa dengan makanan-makanan enak di Jakarta. Kalo saya mau compare ya soal kuliner di Indramayu sama di Jakarta mungkin ngga adil juga ya secara dari populasi dan kultur masyarakatnya juga beda, kalo Jakarta kan multi etnis segala macam suku bangsa ada disana, kita tinggal cari penjual makanan yang sesuai sama lidah kita kalo di Indramayu ya karena banyak nya warga asli Indramayu ya soal rasa di sesuain sama lidah orang lokal, tohh saya kan pendatang jadi musti nya saya yang menyesuaikan. Contohnya tukang mie ayam gerobakan yang lewat depan rumah di Jakarta rasanya lebih jossss dibandingin sama mie ayam di Indramayu sini yang udah dalam bentuk rumah makan dan paling rame se Indramayu.
Karena saya juga termasuk hobby masak dan hobby makan dan masuk dalam kategori bisa tapi belum mahir (kalo mahir tar kita bisa nyaingin farah quinn donk) plussssssssss dirumah ngga ada kerjaan jadi lah waktu kosong saya bikin tuk masak sesuatu, kaya sekarang nih lagi pengen makan steak, kan ngga mungkin ya tunggu sampe nanti saya mudik ke Jakarta atau Magelang dulu baru makan steak belum tentu juga disana kesampean, nahh kalo disini kan saya bingung ya... Jadi mari kita buat sendiri dirumah, lebih murah, lebih sehat, dan yang pasti lebih puassssss... Ini dia resepnya guampaaaanng bangeet kok bikinnya dan lagi-lagi resep sausnya saya sadur dari Mbak Diah Didi dan agak dirubah sedikit hihihi... 


Bahan - bahan Fried Chicken Steak
2 potong fillet Dada ayam
1 Bungkus Tepung Kentucky Sasa (bisa di ganti merk apa saja sesuai selera, kemaren saya pakai yang hot&Spicy jadi warna ayamnya agak merah)
Air
Minyak Untuk Menggoreng

Cara Membuat:
Sama seperti bikin ayam goreng tepung biasanya yang tertera di bungkus cuma sebelumnya saya rendam ayam di adonan tepung basahnya selama 15-20 Menit biar bumbu ngeresep ke ayam.
Goreng ayam hingga kuning kecoklatan angkat dan sisihkan.

Bahan Mushroom Sauce:
100 Gram jamur merang ( ini disesuaikan ya mau banyak apa sedikit, boleh juga pakai jamur kalengan atau jamur jenis lain)
2 Buah Tomat
3 Siung bawang putih
2 Siung bawang merah
1 Butir bawang bombay
3 Sendok makan saus tiram
4 Sendok makan saus tomat
Garam , gula, kaldu bubuk (optional), lada bubuk
1 Sendok makan larutan tepung maizena
 Margarine untuk menumis

Cara Membuat:
Rebus tomat hingga empuk buang kulit dan bijinya kemudian cincang halus.
Iris bawang putih, bawang merah dan bawang bombay.
Potong-potong jamur merang nya
Panaskan magarine, tumis bawang putih,bawang merah,bawang bombay hingga harum kemudian masukan tomat cincang dan jamur tumis sebentar hingga jamur terlihat agak matang, masukan saus tomat, saus tiram, garam, gula, lada dan air masak hingga mendidih.
Masukan larutan tepung maizena aduk-aduk dan siap di angkat.

Side Dish:
Wotel rebus, buncis rebus, mashed potato atau bisa di ganti dengan kentang goreng. Saya pakai mashed potato instant yang iseng-iseng saya beli sama dobreto di supermarket dan sangat saya tidak saranakan karena rasanya kurang enak. Saya saranin mending buat sendiri aja ya mashed potatonya kalo ngga pake kentang goreng aja juga enak.

Oia saya punya tips untuk menyimpan jamur merang biar awet dan ngga hitam saat disimpan, karena saya suka sama jamur dan di mamang sayur suka jarang ada makanya saya suka gatel pengen beli setiap si mamang sayur bawa jamur merang, tapi ternyata jamur itu ngga bisa tahan lama disimpen dalam keadaan fresh, warnanya bakal berubah jadi hitam padahal waktu itu udah di akalain di bungkus pake koran, ehh tetep aja hitam dan baunya juga menyengat. Akhirnya saya coba tuk rebus jamurnya kemudian saya simpan di wadah tertutup yang sudah berisi air matang, tutup dan simpan di dalam kulkas. Warnanya memang berubah jadi lebih gelap tapi tidak hitam, tidak berbau menyengat dan tidak berubah rasanya. Selamat mencoba. :D



No comments:

Post a Comment